Trafik Data Indosat Ooredoo Saat Natal Naik 14,24%; Dibandingkan Hari biasa

Trafik Data Indosat Ooredoo Saat Natal Naik 14,24%; Dibandingkan Hari biasa

Surabaya, Kabarindo- Jaringan Indosat Ooredoo telah berhasil melayani kebutuhan komunikasi pelanggan dengan baik selama liburan Natal dan akhir tahun 2017.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman, mengatakan pelanggan dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar dimanapun mereka berada, berkat kesiapan kapasitas jaringan yang telah ditingkatkan serta monitoring yang intensif untuk mengantisipasi kenaikan trafik data, voice maupun SMS akibat tingginya aktivitas masyarakat selama periode tersebut.

”Kami selalu berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran komunikasi pelanggan terutama saat meningkatnya kebutuhan layanan komunikasi pada hari Natal yang bertepatan dengan libur akhir tahun 2017,” ujarnya dalam rilis yang diterima pada Kamis (28/12/2017).

Kenaikan trafik data, voice maupun SMS telah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan serta mengaktifkan monitoring jaringan nasional secara intensif melalui INOC.

Deva menyebutkan, tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui aplikasi chatting memberi pengaruh pada trafik secara umum. Trafik data nasional pada hari Natal (25/12) meningkat menjadi 3.917,46 TeraBytes atau naik 14,24% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa. Sementara trafik voice nasional sekitar 235,51 juta menit atau turun 18,4% dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Trafik SMS juga menurun menjadi sekitar 194 juta SMS atau turun 26,39% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa dengan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai sekitar 97,5%.

Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang diprediksi akan terjadi saat libur akhir tahun ini dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan. Perusahaan telah meningkatkan semua kapasitas layanan yang meliputi voice, SMS maupun data. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari atau 37,49 juta Erlang/hari, kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 8.262 Terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh kegiatan monitoring jaringan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti Lintasarta dan IM2. i-NOC juga berperan meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.